Green and Recycle Fashion Banyuwangi Festival

Friday, November 6th 2015. | Event

Bagi kita, kertas bekas mungkin hanyalah sesuatu yang tidak ada nilainya.  Namun tidak dengan beberapa kelompok masyarakat yang ada  di Banyuwangi, kertas bekas yang tidak ada nilainya ini bisa ‘disulap’ menjadi jenis busana fashion yang unik dan menarik. Inilah yang mendasari diselenggarakannya festival Green and Recycle Fashion Banyuwangi, dimana berbagai jenis busana yang ditampilkan adalah hasil dari  daur ulang kertas bekas dan plastik bekas.

Green Recycle Fashion Banyuwangi

Green Recycle Fashion Banyuwangi

Diselenggarakannya festival fashion dari bahan limbah ini sebenarnya bertujuan memberi pemahaman pada masyarakat bagaimana caranya memanfaatkan sampah. Artinya limbah tidak harus dibuang begitu saja, sebab jika mendapat sentuhan seni maka sampah bisa menjadi produk baru yang bernilai lebih dari sisi ekonomi.

Rangkaian Acara Festival Green and Recycle Fashion Banyuwangi

Tidak hanya kertas tapi pada pagelaran Green and Recycle Fashion Banyuwangi juga menampilkan parade fashion yang terbuat dari bahan limbah plastik dan kain perca. Limbah kertas, plastik, dan kain perca ini didaur ulang menjadi berbagai jenis busana ready to use. Disini pakaian dari bahan daur ulang ditentukan oleh beberapa jenis bahan limbah berbeda, misalnya 70 persen terbuat dari limbah kertas sedangkan 30 persen sisanya dari bahan limbah lain. Sementara lembah kertas yang paling banyak digunakan adalah kertas Koran dan sejenisnya.

Green Recycle Fashion Banyuwangi Week

Green Recycle Fashion Banyuwangi Week

Festival Green and Recycle Fashion Banyuwangi 2015 baru digelar pertama kali pada 14 Maret 2015 lalu dan diharapkan rutin digelar setiap tahun. Festival tersebut berlangsung di Pantai Boom Banyuwangi sebagai bagian dari acara Banyuwangi Festival 2015. Acara ini disambut antusias oleh masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya, dan diikuti oleh ratusan model cilik yang unjuk kebolehan berlenggak-lenggok mengenakan busana berbahan dasar barang-barang bekas.

Para desainer yang merancang busana dari bahan-bahan bekas ini terbilang sangat kreatif. Dengan kata lain meskipun terbuat dari sampah dan bahan-bahan bekas namun tetap terlihat cantik dibawakan oleh model-model cilik. Berbagai jenis busana semua dipamerkan mulai dari pakaian menyerupai kupu-kupu, busana ala putri kipas lengkap dengan sanggul menjulang, dan masih banyak lagi. Tak hanya busana, namun semua ornamen pada busana yang diperagakan juga terbuat dari bahan bekas. Perlengkapan selama event ini juga sangat unik, seperti ban bekas yang disulap menjadi meja undangan, dan tenda dari bambu ditutup paranet berhiaskan pernak-pernik dari gelas air mineral.

Green Recycle Fashion

Green Recycle Fashion

Sehari sebelum dibukanya Green and Recycle Fashion Banyuwangi juga digelar fashion on the street yang digelar di depan kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Tema yang diangkat pada parade ini tetap sama yaitu fashion recycle alias busana dari bahan daur ulang. Bedanya, acara ini pesertanya didominasi oleh karyawan Pemkab Banyuwangi, ibu-ibu Dasa Wisma, dan instansi vertikal tim penggerak PKK. Uniknya, parade fashion show on the street ini diselenggarakan malam hari menggunakan trotoar dan jalan raya untuk unjuk kebolehan. Atraksi unik ini sebenarnya bukan sekedar ajang fashion show namun menyelipkan pesan moral tentang bagaimana bahan-bahan bekas bisa dimanfaatkan kembali.

Banyak nilai positif yang bisa kita petik dari festival Green and Recycle Fashion Banyuwangi 2015 ini. Diharapkan juga festival ini dapat menginspirasi semua orang khususnya kaum muda supaya dapat meengembangkan kreativitas mengolah bahan bekas menjadi barang-barang yang bermanfaat. Dengan kemasan yang kreatif dan inovatif festival seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk mengurang volume sampah namun juga memberi kesadaran pada masyarakat untuk menjaga kebersihan sekaligus tidak membuang sampah sembarangan.

Incoming search:

baju recyclegaun putri kipas dari korantema karnaval kupu kupu dari korankostum karnaval dari plastik kemasan bekasgaun dari barang bekasgambar kostum karnaval dari plastik daleman kainfestival budaya memakai fashion koranbusana recyclebaju tema menggunakan plastik dan kertasbaju daur ulang dr koran bentuk kipas