Mengenal Seni Budaya Osing dan Lagu Osing Banyuwangi

Friday, December 11th 2015. | Lain-lain

Lagu Osing Banyuwangi – Setiap lagu daerah selalu mencerminkan budaya dan seni tradisional dimana lagu tersebut berasal. Demikian juga dengan lagu Osing Banyuwangi yang belakangan kerap dirilis ulang dengan beberapa aransemen musik ini sangat kental dengan seni dan budaya Suku Osing yang merupakan penduduk asli Kabupaten Banyuwangi.

Lagu Banyuwangi

Lagu Banyuwangi

Ya, terlepas dari kepopuleran lagu Osing Banyuwangi ada hal lain yang tak kalah menarik untuk dibahas yaitu seni dan budaya Suku Osing itu sendiri. Seperti yang disebutkan diawal, Suku Osing merupakan penduduk asli Banyuwangi atau dulu juga disebut dengan Wong Blambangan. Penduduk asli Suku Osing ini hingga kini masih mendominasi beberapa kecamatan di Banyuwangi. Satu desa yang masih kental dengan budaya Suku Osing yaitu Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Seni Budaya dan Musik Khas Banyuwangi

Lagu Osing Banyuwangi versi original memiliki ciri musik khas Banyuwangi dan masih kental dengan kesenian khas Banyuwangi. Tidak hanya dari musiknya namun juga dari bahasa Osing yang digunakan. Jadi lagu Osing merupakan bagian dari kesenian tradisional khas Banyuwangi yang hingga kini tetap hidup dan terus berkembang di kalangan masyarakat lokal.

Tari Gandrung

Tari Gandrung

Sedikit bergeser dari lagu Osing Banyuwangi, ada beberapa musik khas Banyuwangi yang melibatkan beberapa alat musik tradisional, termasuk kesenian Tari Gandrung yang diiringi seperangkat alat musik yang disebut GAMELAN. Tari Gandrung memiliki ciri khas unik yaitu dua biola. Yang paling unik salah satu biola dijadikan pemimpin lagu atau disebut Pantus.

Menurut fakta sejarah, dulu seorang berkebangsaan Eropa menyaksikan pertunjukan Seblang (yang kini terkenal dengan Tari Gandrung) diiringi suara suling. Selanjutnya orang Eropa tersebut mencoba menyelaraskan suara suling dengan permainan biola yang kebetulan waktu itu ia bawa.

Pada saat memainkan lagu Seblang dengan iringan biola banyak orang yang terpesona karena irama yang begitu menyayat. Sejak saat ini dalam lagu-lagu Seblang peran suling mulai tergeser dengan biola, yang mampu menghasilkan nada-nada tinggi dan tidak mungkin didapat dari permainan suling.

Seni Budaya Osing Banyuwangi

Seni Budaya Osing Banyuwangi

Selain itu gamelan khas Suku Osing juga menggunakan alat musik lain yaitu Triangle atau penduduk Banyuwangi menyebutnya dengan Kluncing. Alat musik ini berbentuk segitiga terbuat dari kawat tebal. Cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan sebuah alat pemukul berbahan sama.

Perangkat gamelan masyarakat Osing juga menggunakan Kendang. Disini Kendang yang digunakan bisa satu buah atau lebih. Kendang versi masyarakat Osing mirip dengan Kendang yang digunankan Suku Jawa, Sunda, dan Bali. Fungsi Kendang yaitu sebagai komando musik (selalu dibunyikan pertama kali) dan juga memberi efek musikal dari semua sisi.

Selain Kendang, alat musik yang masuk rangkaian gamelan khas Banyuwangi adalah Kethuk dan Kempul. Kempul menghasilkan 2 instrument atau lebih sebagai kreator dari kendhang selaku komando pengiring, sedangkan Kethuk menghasilkan 1 instrument sebagai pengatur tempo pengiring agar sesuai dengan syair yang dibawakan.

Berawal dari gamelan pengiring kesenian tradisional Tari Gandrung, modernisasi pun tak bisa terhindarkan dalam sejarah perjalanan seni musik di Banyuwangi. Bentuk modernisasi ini bisa kita lihat dari perpaduan musik tradisional dan modern seperti Janger Campursari, Gandrung Kreasi, dan Kunthulan Kreasi yang justru didominasi unsur elekton didalamnya.

Lagu Osing Banyuwangi juga merupakan hasil proses modernisasi yang memang sudah sewajarnya terjadi di era modern ini. Dan wajar pula jika perpaduan seni tradisonal yang dikolaborasikan dengan musik modern menimbulkan kekhawatiran banyak pemerhati kebudayaan Banyuwangi. Tentunya para seniman dan pemerhati budaya osigngan banyuwangi tak ingin arus modernisasi akan menggerus kesenian klasik yang sudah berkembang sejak ratusan tahun lalu.

danang

danang

Saat ini lagu banyuwangian atau lagu osing banyuwangi memang semakin dikenal dan disukai oleh masyarakat luas bahkan hingga ke luar banyuwangi. Wandra, Danang, demy, suliyana, catur arum, dan reny farida merupakan beberapa penyanyi osing yang tengah jadi primadona di kalangan masyarakat.

sobat traveller yang belum pernah dengerin lagu osing mungkin akan terasa seddikit aneh ketika pertama kali mendengarkan, namun jangan heran kalau nantinya sobat akan jadi ketagihan karena irama dan nada-nadanya tidak jauh beda dengan musik dangdut.

Incoming search:

lagu daerah suku osinglagu daerah khas banyuwangilagu khas banyuwangimusik daerah banyuwangikesenian banyuwangilagu tradisional banyuwangialat musik suku osingalat musik banyuwangidaftar lagu daerah banyuwangijudul lagu daerah banyuwangi