Sejarah-Kebudayaan-dan-asal muasal-Suku Osing Banyuwangi

Monday, November 23rd 2015. | Lain-lain

Keberadaan Suku Osing Banyuwangi erat kaitannya dengan sejarah Kabupaten Banyuwangi, termasuk Kerajaan Blambangan yang menjadi salah satu cikal bakal daerah Banyuwangi, yang kemudian disebut Bumi Blambangan. Seperti daerah yang berawal dari sebuah kerajaan, Banyuwangi tidak hanya kaya dengan keindahan alam, namun adat dan budaya juga menjadi ciri khas kabupaten yang terletak di ujung Timur Propinsi Jawa Timur ini.

Suku Osing

Suku Osing

Banyak sekali fakta sejarah dan budaya yang bisa kita gali di Banyuwangi. Satu dari sekian banyak keunikan Banyuwangi terletak pada masyarakatnya yang multi culture. Ya, Disebut multi culture karena perkembangan Banyuwangi terbentuk dari tiga elemen masyarakat berbeda yaitu Suku Jawa, Suku Madura, and Suku Osing.

Sejarah Suku Osing

Suku Osing Banyuwangi atau juga disebut Wong Osing adalah penduduk asli Banyuwangi, yang merupakan keturunan dari masyarakat Suku Osing pada zaman Kerajaan Blambangan. Suku Osing mempunyai adat istiadat dan budaya yang berbeda dari Suku Jawa atau Madura, termasuk juga dalam hal bahasa.

Suku Osing mendominasi sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi terutama bagian Tengah dan Utara. Kecamatan-kecamatan tersebut mencakup Kecamatan Gelagah, Kecamatan Kalipuro, Kecamatan Songgon, Kecamatan Giri, Kecamatan Sempu, Kecamatan Rogojampi, dan Kecamatan Banyuwangi sendiri.

Suku Osing Banyuwang

Suku Osing Banyuwangi

Wong Osing atau keturunan Suku Osing juga memiliki bahasa daerah sendiri. Bahasa ini merupakan turunan dari bahasa Jawa Kuno tapi tidak termasuk dalam kaidah Bahasa Jawa karena dialegnya berbeda.

Konon Suku Osing Banyuwangi adalah pemeluk agama Hindu. Namun sejak berkembangnya agama islam di kawasan Pantai Utara Jawa, maka banyak masyarakat Osing yang memeluk agama Islam. Mata pencaharaian Suku Osing mayoritas bertani dan berkebun. Ada juga yang berdagang namun hanya sebagian kecil. Selebihnya adalah karyawan, pegawai Pemerintah Daerah dan ada juga yang berprofesi sebagai guru.

Sanggar Ganjah Arum

Untuk mempresentasikan semua hal terkait Suku Osing baik rumah adat, seni, dan budayanya kita bisa mengunjugi Sanggar Ganjah Arum. Sanggar ini merupakan bukti pelestarian budaya Osing yang dikemas begitu apik dengan nuansa tradisional yang begitu kental. Sanggar Ganjah Arum ini mempunyai luas 7 ribu meter persegi.

Begitu kita memasuki area Sanggar Ganjah Arum, kita akan disambut dengan tatanan rumah serta benda-benda kuno yang menggambarkan rumah-rumah Wong Osing sekitar 50 tahun lalu. Terdapat 7 buah rumah tekel dengan penataan tak beraturan  dilengkapi sejumlah ornamen kuno seperti mesin ketik , telepon kuno, dan batuan fosil. Terdapat juga benda tradisional lain seperti Angklung Paglak, yaitu media untuk memainkan alat musik angklung berukuran 2 meter x 3 meter.

Keindahan Alunan Musik Othekan

Suku Osing Banyuwangi mewariskan banyak sekali kesenian, termasuk Tari Gandrung yang hingga saat ini masih sering dipentaskan. Ada juga Tari Seblang yang rutin diadakan setiap tahun di Desa Olehsari dan Desa Bakungan di Kecamatan Gelagah.

Tradisi Suku Osing

Tradisi Suku Osing

Satu lagi kesenian tradisional yang lahir dari Suku Osing yaitu Musik Othekan. Tak hanya alunan musik indah, namun ada yang lebih menarik yaitu alat musik yang digunakan terdiri dari lesung dan alung (tempat dan alat menumbuk padi), dan diharmonisasikan dengan angklung dan biola.

Pemain Musik Othekan adalah para pria dan wanita yang usianya sudah lanjut. Sebelum pertunjukan dimulai para wanita yang sudah sepuh mengenakan baju tradisional berwarna hitam sambil menggenggam perlengkapan untuk menyirih. Ya, menyirih selalu identik dengan Suku Osing terutama pria dan wanita berusia senja.

Masih banyak fakta sejarah tentang keberadaan Suku Osing Banyuwangi termasuk sejumlah ritual-ritual khas Suku Osing. Jadi jika berkunjung ke Banyuwangi kita bisa sekalian ‘napak tilas’ menelusuri sejarah Kota Banyuwangi termasuk masyarakat Suku Osing didalamnya.

 

Incoming search:

suku osingasal usul banyuwangi dalam bahasa osingsejarah banyuwangisejarah suku osingasal usul suku osingsuku osing banyuwangibahasa suku osingsuku osengasal usul suku osing banyuwangisejarah kota banyuwangi