sejarah-pekembangan dan lokasi bandara blimbingsari

Thursday, January 28th 2016. | Lain-lain

Sesuai dengan namanya Bandara Blimbingsari Banyuwangi terletak di desa Blimbingsari – Kecamatan Rogojampi – Kabupaten Banyuwangi – Jawa timur. Bandara yang resmi di buka pada 30 Desember 2010 ini memiliki landas pacu 1800 meter dengan layanan penerbangan  Banyuwangi – Denpasar PP dan Banyuwangi – Surabaya PP.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Bandara Blimbingsari Banyuwangi merupakan aset Pemkab Banyuwangi dimana pengoperasiannya dikelola oleh Satuan Kerja Bandar Udara dibawah pengawasan Dirjen Perhubungan Udara – Kementerian Perhubungan.

Sejarah

Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditetapkan sebagai Bandar Udara di Kabupaten Banyuwangi oleh Menteri Perhubungan. Pembangunannya sendiri dilakukan mulai tahun 2004 – 2008 menggunakan dana APBN. Pembanguan dititik-beratkan pada pembangunan fisik secara periodik untuk mewujudkan harapan masyarakat Banyuwangi akan tersedianya transportasi udara.

Bulan Januari 2009 tim dari Dirjen Perhubungan Udara mengunjungi Bandara Blimbingsari Banyuwangi untuk melakukan evaluasi dan verifikasi. Berikutnya tepat tanggal 9 Februari 2009 Dirjen Perhubungan Udara mengeluarkan surat yang berisi pemanfaatan Bandara Blimbingsari. Secara garis besar surat tersebut menyatakan bahwa Bandara Blimbingsari Banyuwangi bisa digunakan untuk take off juga landing pesawat, khususnya jenis pesawat Cassa.

Berikutnya, setelah melakukan koordinasi dan serangkaian survey lapangan, salah satu sekolah calon pilot di Bali yaitu Bali International Flight Academy sangat tertarik menggunakan Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan fasilitas didalamnya untuk melatih calon-calon pilot. Dan tepat pada 21 April 2009 Instruktur Terbang (Flight Instructor) mulai menggunakan Bandara Blimbingsari untuk memberi pelatihan take off dan landing pada semua siswanya.

Pada tanggal 26 Desember 2010 di Bandara Blimbingsari Banyuwangi diakukan uji kelayakan terbang (Proving Flight) sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Sky Aviation yaitu pesawat C208 Grand Caravan. Uji kelayakan ini dilakukan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara. Hal ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan dengan diadakannya penerbangan komersil menggunakan jenis pesawat tersebut.

Tepat tanggal 30 Desember 2010 PT. Sky Aviation melakukan penerbangan komersil pertama dengan pesawat Cassa, sekaligus menandai diresmikannya Bandara Blimbingsari Banyuwangi sebagai salah satu bandara komersil domestik di Indonesia.

Berikutnya pada tanggal 25 April 2011 PT. Sky Aviation kembali melakukan uji kelayakan terbang (Proving Flight) menggunakan jenis pesawat Fokker50. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ekspektasi masyarakat Banyuwangi yang menginginkan moda transportasi udara yang cepat dan efisien. Baru kemudian tanggal 1 Mei 2011 Sky Aviation melakukan penerbangan komersil pertama menggunakan Fokker50 dengan kapasitas 48 seat.

Aktifitas Bandara

Aktifitas di Bandara Blimbingsari Banyuwangi cukup padat. Hal ini seiring dengan program Bupati Banyuwangi yang ingin mengenalkan tradisi serta tempat wisata di Banyuwangi, salah satu caranya dengan memajukan sistem transportasi terutama tranportasi udara.

Merpati Airlines sempat mengudara dan meramaikan Bandara Blimbingsari Banyuwangi sebelum akhirnya pengoperasiannya dihentikan sementara. Sebagai pengganti Merpati kini Wings Air mulai ‘unjuk gigi’ di Bandar udara Blimbingsari dengan melayani beberapa rute penerbangan.

Bahkan tidak hanya Wings Air, belakangan Garuda Indonesia juga tak mau ketinggalan meramaikan Bandara Blimbingsari. Bahkan menurut sumber yang bisa dipercaya, dalam waktu dekat Maskapai Penerbangan Kalstar akan mengikuti jejak Wings Air dan Garuda Indonesia yang sudah mengudara terlebih dahulu.

Rencana Tahun 2016

Pembangunan Bandara Banyuwangi

Pembangunan Bandara Banyuwangi

Bandara Blimbingsari Banyuwangi memiliki target khusus tahun 2016 ini. Setelah pembangunan terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi telah rampung sesuai target yaitu akhir 2015 lalu, maka awal Maret 2016 mendatang terminal baru di Bandara Blimbingsari sudah bisa dioperasikan. Rencananya juga akan ada perluasan apron agar dapat menampung pesawat jenis Boeing 737. Dan yang terakhir, tahun 2016 ini juga akan memperluas landaran dari yang semula 1800 meter menjadi 2500 meter.

Berikut Kami berikan data penerbangan yang ada di bandara blimbingsari Banyuwangi :

Jadwal Rute Penerbangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Jadwal Rute Penerbangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi

BANDARA BLIMBINGSARI

Desa Blimbingsari, kec.rogojampi, kab.banyuwangi
Telepon : 0333 636680, 0333 636690

 

JADWAL PENERBANGAN WINGS AIR/LION AIR  

WINGS AIR

Jam Berangkat

Jam Kedatangan

Surabaya-Banyuwangi

12.00

12.50

Banyuwangi-Surabaya

13.15

14.05

 

JADWAL PENERBANGAN GARUDA

 

DENPASAR – BANYUWANGI – SURABAYA

Denpasar – Banyuwangi

Berangkat dari Denpasar pukul 15.10 WITA dan tiba di Banyuwangi pukul 14.55 WIB.

Banyuwangi – Surabaya

Dari Banyuwangi pukul 13.15 WIB dan tiba di Surabaya pukul 14.10 WIB.

SURABAYA – BANYUWANGI – DENPASAR

Surabaya – Banyuwangi

Berangkat pukul 11.45 WIB dan tiba di banyuwangi pukul 12.45 WIB.

Banyuwangi – Denpasar

Berangkat pukul 15.25 WIB dan tiba di Denpasar pukul 17.25 WITA.

Keterangan : jadwal sewaktu-waktu dapat berubah

Incoming search:

Bandara blimbingsaribandara banyuwangibandar udara blimbingsaribandara blimbingsari 2016bandara banyuwangi barusejarah bandara blimbing sari