Wisata Rumah Pohon Songgon Banyuwangi

Thursday, February 16th 2017. | Tempat Wisata

Sobat, Setelah mengarungi berbagai macam kegiatan yang melelahkan dan menjenuhkan, stressed release memang seharusnya perlu kita lakukan untuk menjaga pikiran dan semangat juang agar tetap dalam kondisi terbaik. rumah pohon songgon adalah salah satu pilihan tempat wisata yang tepat yang patut untuk kita coba. suasana yang sejuk, damai dan asri khas pegunungan akan kita dapatkan di tempat wisata yang baru saja beberapa bulan dibuka  sejak posting ini terbit.

Jika ingin menuju lokasi rumah pohon , kita bisa mengambil rute dari Rogojampi. Setelah tiba dipertigaan Telkom, langsung saja belok ke kanan dan mengambil arah ke kecamatan songgon. setelah sekitar setengah jam perjalanan ( dengan kecepatan normal tentunya ) kita akan sampai pasar songgon dan disana akan kita temukan papan penunjuk arah untuk menuju lokasi wisata rumah pohon .

rumah pohon di wisata hutan pinus banyuwangi

rumah pohon di wisata hutan pinus banyuwangi  ( credit : @jjs_banyuwangi )

Tidak berbeda dengan suhu udara hutan pinus lainnya, rumah pohon songgon banyuwangi juga bersuhu sejuk. Hal ini tidak lepas dari peran gunung Raung yang berdiri kokoh di area tersebut. Meskipun diremehkan karena masih seumur jagung, namun Hutan Pinus/rumah pohon ini mempunyai keunikannya tersendiri. Kita dapat berteduh dan menikmati pesona hayati khas Jawa Timur-an . Di area tersebut, kita dibebaskan untuk mendirikan tenda dan menjajal menaiki kuda untuk berkeliling dengan harga sewa yang terjangkau. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp 5.000,- per kepala. Harga tersebut sudah termasuk keamanan kendaraan yang ditata dengan rapi. Fasilitas yang tidak kalah penting di rumah pohon Songgon ialah kamar mandi atau toilet yang sudah dioprasikan.

Dengan TPR yang murah, rupa-rupanya rumah pohon songgon banyuwangi sangat menarik animo masyarakat. Hal ini ternyata diluar ekspektasi pihak pengelola . Meskipun beberapa fasilitas masih membutuhkan waktu penyelesaian, banyak pelancong yang meluangkan waktunya untuk bersantai di tempat wisata ini. Nampak sepanjang jalan tersebut didominasi oleh lautan sepeda roda dua. Petugas parkir pun dibuat kewalahan setiap akhir pekan sebab akses untuk dua jalur terpaksa diakali dengan sistem buka tutup. Hal ini juga berimbas pada pengunjung yang hendak melakoni lawatan ke sana. Sebagai solusi terbaik menghindari kemacetan, maka datang lah sedikit pagi sekitar pukul enam. Harapannya, kita dapat melihat pemandangan yang lebih asri dan tentunya menyenangkan untuk sesi foto sebebas mungkin.

Alih fungsi lahan

Sobat, Rumah pohon songgon banyuwangi ini terletak di desa sumberbulu, kecamatan Songgon. Area wisata ini adalah hutan pinus yang disulap dengan berbagai macam ornamen romantis. Sehingga tidak dapat dipungkiri, bahwa kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh para muda-mudi yang dimabuk asmara. Awalnya, daerah yang berkarak 2 jam dari Banyuwangi tersebut hanyalah kebun yang dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kebun tersebut dibudidayakan menggunakan metode tumpang sari untuk berbagai macam komoditas kecil, seperti cabai, jahe, ketela, dll. Sedangkan pinusnya diambil getahnya dengan cara menggores bagian badan pohon tersebut.

Akhirnya, pohon pinus semakin membesar dan tidak menyisakan area terpadu untuk tanaman lain. Oleh karena itu, warga berinisiatif untuk merubah lahan tersebut menjadi area wisata, lebih lanjut terdapat aliran sungai Badeng yang dapat dimanfaatkan untuk rafting dan tubing. Dari total 97 hektar luas keseluruhan, area yang baru digunakan untuk wisata hanya 7 hektar. Nampak jelas bahwa kita juga menikmati keindahan hutan pinus sejauh mata memandang dalam keadaan alami. Keseruan akan didapatkan di rumah pohon songgon banyuwangi yang dibarengi dengan pesona dan dekorasi yang telah disiapkan. Apa saja itu?

Spot perjalanan dan omah pohon

Sungai Badeng menjadi salah list wisata pertama di area rumah pohon songgon banyuwangi. Sungai ini mempunyai arus yang lumayan kuat, sangat cocok digunakan sebagai sarana arung jeram Dengan debit air yang melimpah, kedua sisi sungai akhirnya diberi jembatan gantung sebagai media penyebrangan. Di jalur ini, biasanya digunakan sebagai spot berfoto.

Wisata Hutan Pinus Songgon

Wisata Hutan Pinus Songgon

Sesuai namanya, rumah pohon songgon banyuwangi ini memang mempunyai objek wisata di atas pohon. Area tersebut hanya cukup dipenuhi dengan lima pengunjung. Jadi wajar saja jika kita kesana harus dengan sedikit mengantri. Tinggi rumah ini sekitar tujuh meter dan dibangun menggunakan bahan kayu seutuhnya. Termasuk pondasinya yang nempel ke pohon. Untuk menaikinya, kita tidak perlu bersusah payah menaiki tali, tapi ada tangga yang langsung mengarah ke pintu utama rumah pohon.

Spot Prewedd

Sobat, Rumah pohon songgon banyuwangi juga menyediakan area berswafoto lumayan merata. Sehingga kita bisa pergi ke wahana sembari menunggu spot lain telah kosong. Salah satunya adalah prewedding spot. Area ini didesain menggunakan gerbang kayu dan diberi ornament ala perkawinan. Alhasil, banyak pasangan sejoli yang mengabadikan momen kebersamaan mereka di gerbang ini. Mitosnya, jika melakukan foto di sana, hubungan pasangan tersebut akan abadi dan dimudahkan jalan menuju pernikahan. Lebih menarik lagi, ornamen penghias gerbang kayu tersebut selalu mendapatkan treatment dengan mengganti dekorasinya. Hal ini membuat para pengunjung merasa senang karena foto yang mereka abadikan tidak akan banyak yang menirunya.

Dekorasi Selfie Di Rumah Pohon

Dekorasi Selfie Di Rumah Pohon

Di sisi lain, bagi yang pernah ke rumah pohon songgon banyuwangi akan termotivasi untuk kembali lagi dan menjajal dekorasi ulang dari para pengampu wisata itu. Selain itu, terdapat pula dekorasi lampion yang tergantung sepanjang pepohonan menuju area. Selain sebagai penunjuk arah, hal ini juga spot menarik yang menambah kesan tersendiri. Meskipun lampion tersebut berwarna-warni, namun tidak diberikan cahaya lampu yang terkesan romantic di sore hari. Selain lampion, ada pula payung yang bergantung. Spot ini dijadikan tempat untuk berteduh dan memakan bekal bersama dengan kolega, teman, dan juga keluarga. Namun, jika tidak membawa makanan, kita dapat membelinya di kedai yang telah tersedia.

Kedai di wisata ini tidak mematok harga yang tinggi bahkan terbilang relative standard ala area wisata backpacker-an. Jika khawatir harganya terlalu tinggi, kita bisa melihat daftar menu yang telah disiapkan. Kita juga bisa bertanya terlebih dahulu untuk menghindar dari harga jajan yang selangit. Bagusnya, rumah pohon songgon banyuwangi mengorganisir toko, warung, atau kedai yang kumuh menjadi lebih bersih. Pasalnya, seluruh kedai telah dipermak dan dibuat semenarik mungkin, sehingga para wisatawan pun merasa nyaman..

bersantai ria di hammock

bersantai ria di hammock

Setelah berjalan menyusuri area omah pohon songgon banyuwangi, kita dapat merebahkan badan dengan hammock yang tersedia disana. Hammock ini memang disediakan untuk umum dan tentunya aman untuk digunakan. Hammock ini berjarak satu meter dari atas tanah dan panjangnya sekitar 180 cm. Jika tidak kebagian alat ini, kita juga dapat menyewanya dan memasangnya secara mandiri. Mencari pohon yang sesuai dengan panjang hammock pun relative mudah, mengingat hampir setiap jarak pohon berkisar dua meter-an. Nah, itu adalah spot liburan ala rumah pohon songgon banyuwangi yang dapat kita manfaatkan. Memang lokasi ini masih baru dan membutuhkan berbagai macam tambahan dan proses perbaikan. Oleh sebab itu, jika kita kesana, lebih baik kita menjaga lingkungan tersebut supaya tetap asri dengan membuang sampah sesuai tempatnya.

ayo sobat, tunggu apa lagi, segera ke wisata rumah pohon / Hutan Pinus Songgon Banyuwangi :)

Incoming search:

rumah pohon songgonrumah pohon banyuwangirute rumah pohon songgon banyuwangirumah pohonlokasi rumah pohon songgonrumah pohon di banyuwangirumah pohon sokeindahan rumah pohon banyuwangirumah pohon banyuwangi comWisata songgon banyuwangi